Penyebab kanker di label kemasan USB Port

label peringatan kanker di kemasan port usb

Penyebab kanker tampil di label kemasan USB Port
tampak dekat label peringatan penyebab kanker di kemasan usb port
Benar-benar kaget waktu beli USB Port untuk peralatan saya.

Sadarnya nanti setelah sampai dirumah, pas lagi baca-baca petunjuk yang tercantum di kemasan dengan lebih seksama.

Maklum, karena waktu itu sudah agak malam, dan sebagaimana mal-mal di Indonesia mulai jam 21.00-jam 22.00 biasanya sudah dekat waktunya tutup toko.

Jadi waktu itu saya pilih-pilih barang se-efisien dan se-efektif mungkin dari semua pilihan yang ada, baca sepintas keterangan di kemasan, periksa barang dan ketika yakin sudah sesuai dengan yang di cari, langsung bayar di kasir dan pulang.

Waktu itu pikiran saya cuma saya butuh port USB, itu saja.

Saya sudah tidak memperhatikan lagi detail lainnya, buatan apa, dimana, dan lain-lain.

Sampai dirumah setelah agak relaks, saya mulai bongkar belanjaan dan kaget, ternyata dikanan bawah, bagian belakang kemasan, ada label kecil yang di tempel, bukan tercetak di dos, melainkan di tempel, kemungkinan bukan dari pabrik kemasan, mungkin direkatkan disitu sewaktu barang hendak di distribusikan.

Mungkin yah, soalnya tempelan, jadi kesannya seperti informasi tambahan.
 

Tertulis:

WARNING: This product may contain a chemical known to the state of California to cause cancer, or birth defects or other reproductive harm.

 

Kurang lebih artinya begini:

PERINGATAN: Produk ini kemungkinan mengandung bahan kimia yang di ketahui oleh Negara bagian California sebagai penyebab kanker, atau cacat lahir atau bahaya reproduksi lainnya.

 

Wah, kaget sekali saya waktu baca, ternyata saya tanpa sengaja beli produk dari negara lain, sempat ciut hati juga, jadi takut pakai port USBnya.

Mbak tempat belanja di mal juga tidak kasih tahu, cuma sempat menyarankan supaya saya beli yang lain saja tanpa alasan, mungkin dia kuatir saya ketakutan dan kemudian mengembalikan barang.

Walhasil, saya kemudian mulai panik cari-cari informasi mengenai peringatan itu, sebelum USB port baru-nya di pakai.
 

label peringatan penyebab kanker di bagian belakan kemasan usb port
 

Malahan saya sudah sempat berpikir tidak mau pakai saja, karena takut.

Dapat info dari blog CNN, tulisan Elizabeth Landau, saya pilih artikel dia karena ternyata dia sama paniknya dengan saya waktu pertama kali lihat label itu. 🙂

Ternyata itu adalah peraturan di Negara Bagian California mengenai kewajiban para produsen (dinegaranya) untuk wajib menempelkan label ini di beberapa produk tertentu, di kenal disana sebagai Proposition 65, undang-undang negara bagian California.

Bukan hanya pada peralatan komputer, di peralatan-peralatan lain juga wajib, sampai ke gelas kristal, meja keramik, perhiasan, lampu model Tiffany, kabel listrik, produk kecantikan, dan bahkan sepeda motor!

Bahkan ada yang kasih info bahwa di baju kaos dan t-shirt pun ada label itu disana.

Wah, sampai segitunya yah.

Para produsen di Amerika diwajibkan dan terpaksa harus menempelkan label itu di produk-produk mereka. Konsekuensi untuk pelanggaran terhadap ketetapan ini cukup berat.

Mereka tidak bisa menghindar, sebab ada kasus, sebuah Perusahaan di Los Angeles yang terpaksa harus membayar denda sebesar $10 juta karena tidak menempelkan label ini Kotak Makan Siang produksi mereka.

Kalau ingin lebih jelasnya silahkan baca:

Tulisan Elizabeth Landau di:
Cancer warning labels on product: A cause for concern?

atau di:
State of California Department of Justice Office Of The Attorney General
 

Saya sengaja taruh link mereka di sini, siapa tahu ada yang ingin penjelasan lebih jelas lagi, karena mungkin bernasib seperti saya, bisa langsung dapat informasinya.

Supaya kalau tiba-tiba ada yang tanpa sengaja membeli barang produk negara lain dan ternyata ada label yang menakutkan seperti itu, jangan panik yah.

Karena dari pengalaman pribadi saya, saya sendiri saking paniknya sempat takut untuk menyentuh port USB itu, padahal waktu di pilah-pilih di mal sudah suka sekali dengan model, bahan, dan fungsinya.

Tapi setelah dapat info, bisa jadi sedikit lebih tenang.

Yah begitulah, saya pun sempat terpikir bahwa label ini seperti menimbulkan ketakutan dan kepanikan saja terhadap pembeli.

Apalagi kalau memang kita membeli produk tertentu tanpa sengaja.
 

Belajar dari sini, semoga produk-produk Indonesia juga bisa lebih ditingkatkan mutu dan standar keamanan penggunaannya, supaya industri dalam negeri kita bisa bertambah maju lagi.

Pengguna loyal tentu saja warga negara sendiri, jadi harus di jaga keselamatan dan keamanannya.

Walaupun faktanya memang barang-barang buatan Indonesia sudah terkenal berkualitas, dengan bahan baku yang tidak murahan dan sudah banyak yang di ekspor ke luar negeri sejak bertahun-tahun lampau.

Maju terus produk-produk Indonesia.

(**) Merk produk saya kaburkan supaya tidak diprasangkai iklan yah, saya tidak ada hubungan apapun dengan produk tercantum kecuali hanya sebagai pembeli saja.

Terima kasih sudah membaca, sampai bertemu di tulisan saya yang lainnya.

Ciaoooo…
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *