Pengalaman Pribadi Belanja Online di Tokopedia

Saya mau berbagi dengan teman-teman – terutama yang baru mau mulai belanja online, pengalaman pribadi saya belanja online di Tokopedia selama ini.

Saya hampir bisa dibilang punya frekuensi yang tinggi berbelanja online di Tokopedia, sejak pertama kalinya saya tahu tentang toko online ini.

Kesan yang saya dapat dari pengalamam pertama belanja online saya disitu bisa dibilang cukup baik, makanya berkelanjutan sampai sekarang.

Kalau saya ada kebutuhan dan tidak sempat keluar rumah untuk berbelanja, tempat pertama yang saya cek pasti Tokopedia, setelah itu baru toko-toko online lainnya.

Ini bukan promosi yah, ini memang benar-benar terjadi pada saya.

  • Belanja Pertama, 9 April 2018
  • Belanja online pertama kalinya di Tokopedia tgl 9 April 2018. Sebenarnya tahu sudah lama karena mereka juga gencar beriklan di televisi tapi belanjanya baru dilakukan di tanggal ini. Tujuan: hanya untuk mencoba layanan mereka.

    Belanjaan pertama saya waktu itu:

    1. Tas Wanita Jelly Import Furla Sppedy Polos G.1002 Rp 356,000.-
    2. Tas Wanita Zara Speedy Handbag Fashion Import Rp 175,000.-

    Ini screenshotnya, saya ambil dari Daftar Transaksi diakun Tokopedia saya.

    screenshot history belanja online

    Ini kesan yang saya dapat dari pengalaman pertama itu:

    1. Barangnya sesuai yang saya pesan
    2. Keseluruhan barang pesanan tiba sesuai jangka waktu pengiriman
    3. Kualitas barang bagus

     

  • Belanja Kedua, 10 April 2018
  • Setelah pengalaman pertama yang mengesankan itu, saya lanjut belanja onlinenya. Ini pembelanjaan yang kedua. Beli parfum seperti yang saya ceritakan di Pengalaman Pertama Belanja Online di Zilingo.

    Tgl 10 April 2018 saya beli parfum Nina Ricci Premier Jour Woman harga Rp 574,000.- yang menurut deskripsi dihalaman seller parfumnya original. Walaupun sebenarnya tidak masuk diakal karena mengingat reputasi harga barang-barang keluaran Nina Ricci yang terkenal selangit, selevel dengan produk rumah butik Chanel.

    Sellernya bahkan berani menantang kalau barangnya semua original dan tidak pernah menjual barang palsu. Yah sudah, karena yakin dan penasaran saya tetap beli juga. Ini screenshot transaksinya.

    screenshot history belanja online

    Ini pengalaman paling buruk yang pernah saya alami di Tokopedia. Pembelanjaan kali kedua yang benar-benar bikin shock, sangat berbeda dengan yang pertama.

    Kali ini pembelanjaan saya lama baru direspon seller, lama proses persiapannya, lama sampainya, dan ketika sampai ternyata barangnya palsu. Aroma parfumnya tidak enak ada bebauan yang keras keluar dari situ apabila kita semprotkan.

    Tidak terlalu parah, barang hanya terlambat 3 hari dari 5 hari yang dijanjikan.

    Saya ikhlas saja, tidak minta retur, dan parfumnya disimpan dengan tenang dalam lemari.
     

  • Belanja Ketiga, 17 April 2018
  • Kali ini saya butuh tas rotan. Cari-cari di seantero koleksi tas rotan yang dijual di Tokopedia akhirnya saya jatuh hati dengan Tas Tangan Jinjing Trendy Rotan harga Rp 477,900.-

    Tanggal 17 April 2018 saya pun beli, ini screen shotnya:

    screenshot history belanja online

    Kali ini semua berjalan lancar, seperti pengalaman yang pertama. Belanja cepat ditanggapi seller, bahkan saya pesannya sore dan mba seller langsung menanggapi lewat chat kesaya, dan langsung menyiapkan pesanan saya dan mengirimkan sore itu juga. Wow, mba sellernya benar-benar pro. Malamnya, cuma selang beberapa jam, saya cek barang pesanan saya sudah ‘jalan’ diekspedisi. Salut.

    Barang sampai tepat seperti yang dijanjikan dan kualitasnya Top. Sangat puas. Seller langsung saya rate 5 stars, hahaha, terima kasih mba.

 

Selanjutnya di belanja ke empat dan seterusnya sampai sekarang Tokopedia semakin membaik. Saya tidak pernah lagi mengalami pesanan molor proses – molor tiba seperti di belanja kedua.

Total belanjaan saya di Tokopedia sampai sekarang mungkin baru sekitar 3-4 jutaan, belum seberapa. Tapi jadi rajin belanja disitu bukan karena sok banyak duit melainkan karena merasa nyaman. Rasanya seperti belanja langsung ditoko offline, tidak ada keraguan.

Cocok buat para online shopper yang punya kesibukan tingkat tinggi dan waktu terbatas, tapi mendambakan keyakinan dan ketenangan belanja.

Mudah-mudahan teman-teman yang belanja disitu juga bisa bernasib seperti saya, belanjaannya lancar dan sampai tepat waktu dengan selamat.

Semakin dalam belanja online di Tokopedia sekarang saya pun sudah mulai berani belanja emas disitu. Tunggu artikelnya yah.

Terimakasih.
 

Leave a Comment