ROI tracking

Jenis-jenis Situs yang bisa kamu pilih

0

Tergantung pada kebutuhan kamu, banyak format dan jenis situs yang bisa jadi ide buat kamu. Lebih baik kamu mengenalinya lebih dulu satu demi satu sebelum menentukan situs seperti apa yang ingin kamu miliki:
 

    1. Situs Kartu Nama/Kartu Bisnis

    Biasanya berupa situs berhalaman tunggal yang berisi informasi usaha, profil media sosial, dan informasi kontak. Walaupun tidak serta merta langsung berjualan disitu.

    Jenis situs seperti merupakan titik awal yang strategis untuk memberitahukan kepada khalayak tentang keberadaan bisnis kamu dan dimana kamu bisa ditemukan.

    Pastikan saja untuk membeli nama domain yang bisa membuat orang lain cepat mengingat usaha/bisnis kamu, seperti misalnya http://namausahakamu.com

     
    2. Situs Brosur

    Ini lebih rumit dibanding Situs Kartu Nama, karena dengan website ini kamu bisa menjelaskan dengan lebih rinci mengenai produk/jasa yang kamu tawarkan.

    Masih tetap berkonsep Situs Dasar, tapi kalau dibandingkan dengan Brosur Cetak atau Flyer, menggunakan situs jenis ini membuat kamu bisa mengupdate/memperbaharui informasi kamu dengan lebih cepat dan murah.

     
    3. Situs Portofolio

    Paling ideal buat pekerja hobi, artist, fotografer, dan penulis yang ingin memamerkan hasil karya mereka. Biasanya di situs jenis ini termuat sampel hasil karya kamu, identitas, testimoni mengenai hasil karya, dan info kontak kamu.

     
    4. Situs Penjualan/Toko

    Rumit atau tidaknya mengelola situs seperti ini tergantung pada item-item apa yang kamu butuhkan disini.

    Ada yang membuat Situs Toko berhalaman tunggal, misalnya untuk langsung mendisplay barang jualan seperti buku yang bisa di telusuri dengan satu klik saja.

    Ada juga yang menjual ratusan jenis produk yang beragam.

    Ada platform Situs Toko dan plugin yang bisa membantu kamu mengelola situs seperti ini, seperti, mengatur penjualan, otomatis menghitung pajak dan biaya pengiriman, bahkan sampai membuat label untuk sistem surat menyurat toko kamu.

     
    5. Situs Keanggotaan/Membership/Forum

    Situs jenis ini ideal untuk mengumpulkan anggota yang berbasis penggemar yang meminati suatu topik yang sama atau kelompok pembeli dari segment yang sama.

    Orang-orang dapat saling bertanya, berbagi saran, dan berbagi pengalaman.

    Situs jenis ini paling ideal apabila kamu punya produk seperti; game, podcast, atau produk lainnya yang suka diperbincangkan orang.

     
    6. Situs Blog atau Situs Media

    Kalau kamu punya banyak hal dan informasi yang bisa kamu bagikan tiap saat, maka situs jenis ini adalah yang terbaik.

    Kamu bisa berbagi cerita, resep, video, dan lainnya yang kamu punya atau ketahui.

    Dan karena konten itu adanya di situs kamu sendiri, maka sifatnya permanen, mudah ditemukan, dan dapat kamu hubungkan ke/dari media sosial kamu.

     

Itulah jenis-jenis situs yang bisa kamu pilih yang mana yang ingin kamu pakai. Cari jenis situs yang paling sesuai dengan kegiatan, kebiasaan, dan karakter kegiatan kamu. Tujuannya supaya situs kamu bisa terkelola dengan baik dan efektif dalam penggunaannya.

Untuk saat ini sekian dulu yang saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Ciaooo…
 

Penulis, Pembelanja, dan pemain game musiman - kalau lagi tidak sibuk. Mengerjakan proses editing semua artikel babicodet postbook blog. Menyumbangsikan penulisan-penulisan yang hanya berdasar pada Pengalaman Pribadi. Sesuatu yang biasa saja buat seorang wanita yang biasa-biasa saja. Dengan satu harapan, semoga dapat memberi manfaat buat orang lain.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.