ROI tracking

Hari Batik Nasional Indonesia

0

hari_batik_nasional_ibu_membatik_tulis

 

Hari ini Indonesia merayakan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Bukan hanya itu khusus di hari ini mesin pencari google Indonesia menampilkan Doodle yang bertemakan Batik, yang memperlihatkan gambar illustrasi 2 wanita, pria dan anak-anak sedang mengenakan Batik.

Bukan hanya di Indonesia, hari ini juga ditetapkan UNESCO sebagai Hari Batik Dunia.

Sejarah ditetapkannya tgl 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional bermula pada lima tahun yang lalu, oleh PBB dalam hal ini oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), batik sebagai Maha Karya Warisan Budaya untuk Kemanusiaan Lisan dan Non-benda-wi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Pemerintah Indonesia menempuh waktu dan proses yang cukup panjang demi mendapatkan pengakuan dari UNESCO atas Batik. Proses Nominasi dimulai dengan memasukan Batik Indonesia sebagai nominasi Maha karya Budaya ke UNESCO pada tanggal 3 September 2008. Proses memasukkan Batik untuk di akui secara dunia melalui UNESCO itu saja pemerintah Indonesia harus menunggu lebih dari 4 bulan sampai UNESCO akhirnya menerima secara resmi pada tanggal 9 Januari 2009 barulah setelah itu diproses lebih lanjut oleh UNESCO sebelum menerbitkan pengakuannya.

Hal ini sebenarnya dipicu oleh masalah yang timbul berkaitan dengan Batik yang dialami Indonesia dengan Malaysia, dimana Malaysia mengklaim Batik sebagai karya budaya bangsanya. Oleh pemerintah Indonesia hal itu ditanggapi dengan segera mendaftarkan Batik sebagai karya asli budaya Indonesia ke UNESCO.

Berapa bulan setelah diterima UNESCO, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan proses pengujian tertutup di Paris. Pengujian berlangsung selama empat hari, 11-14 Mei tahun 2009.

Setelah penantian yang cukup panjang, akhirnya pada Rabu, 2 Oktober, 2009, UNESCO mengukuhkan Batik Indonesia dalam daftar representatif Warisan Budaya untuk Kemanusiaan Lisan dan Nonbendawi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Pengakuan dan peneguhan UNESCO atas Batik ditindak lanjuti oleh Presiden dengan mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 33/2009 yang menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Dalam situs resmi UNESCO mengatakan bahwa Batik Indonesia memiliki banyak simbol-simbol yang terkait erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam dan sejarah itu sendiri. Batik adalah identitas nasional Indonesia. Batik diyakini menjadi bagian penting dari diri orang Indonesia sejak lahir sampai mati.

Penulis, Pembelanja, dan pemain game musiman - kalau lagi tidak sibuk. Mengerjakan proses editing semua artikel babicodet postbook blog. Menyumbangsikan penulisan-penulisan yang hanya berdasar pada Pengalaman Pribadi. Sesuatu yang biasa saja buat seorang wanita yang biasa-biasa saja. Dengan satu harapan, semoga dapat memberi manfaat buat orang lain.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.