7 Trik Psikologi yang ada di Game Online

trik psikologi dalam permainan game online

 

Sebelum membaca saya cuma mau mengingatkan kembali bahwa sebagaimana layaknya sebuah Program, settingan sebuah Game Online sangat lah mudah untuk diubah-ubah oleh pemilik game itu sendiri yaitu Developer/Designer atau Programmernya.

Hampir membutuhkan waktu yang hanya sebentar dan nyaris tak berbiaya. Jadi janganlah heran apabila informasi semacam ini semakin banyak beredar luas, mereka akan mengubah settingannya dengan cepat untuk menghindari tuduhan.

Yang pasti pada saat saya menulis artikel ini, saat ini, praktek dan modus dibawah masih berlangsung.
 

  1. Pemain palsu alias Fake Player.

    Ini bisa orang betulan atau Bot. Tapi biasanya yang digunakan bot, karena bot bisa lebih murah, lebih praktis, dan lebih banyak jumlahnya bahkan unlimited terserah programmernya mau menciptakan berapa juta bots.

    Karena Game Online itu adalah program maka banyak Developer Game Online yang menggunakan program Bot untuk membuat kesan seolah-olah gamenya ramai dengan pemain.

    Bot disetting untuk bermain seolah-olah orang betulan dan bot itu di kontrol oleh Operator Game, terutama apabila game tersebut mempunyai fasilitas chat. Operator pengendali bot.

    Maksudnya agar timbul kesan seolah seperti manusia betulan. Kamu tentu akan berpikir bahwa lawan kamu itu manusia betulan kan, :).

  2.  

  3. Kamu dirangsang dengan kekalahan demi kekalahan.

    Biasanya sih kalau masih level awal-awal (apalagi bagian tutorial,😊) disetting real player itu mudah sekali untuk menang, pokoknya sangat diatas angin biar kamu merasa berbesar hati, layaknya jawara.

    Tapi nanti setelah kamu main lebih lama dan level kamu naik ke level mid keatas, katakanlah mulai di level 15 atau level 20-an lah tergantung levelling game-nya, mulai kamu akan dipersulit untuk menang, dan itu akan sangat kamu rasakan.

    Kamu akan mulai dirangsang dengan kekalahan demi kekalahan supaya timbul rasa penasaran dan gemas, tujuannya supaya saking gemasnya kamu diharapkan akan mengejar dengan ambisius sampai memperoleh kemenangan, dan terus menerus bermain tanpa berhenti. Dan kamu lakukan itu dengan otomatis, tanpa kamu sadari kamu ngejar membabi buta.

    Apabila rasa gemas kamu akibat kalah tidak bisa kamu bendung lagi, kamu hampir bisa dipastikan akan merogoh kocek dan mengeluarkan uang untuk berbelanja barang-barang di game itu demi sebuah kemenangan.

  4.  

  5. Hinaan, ledekan, dan segala bentuk verbal bully lainnya.

    Jangan salah menduga bahwa yang meledek, menghina, dan membully kamu dalam game itu manusia betulan seperti layaknya tetangga, teman, atau saudara kamu di kehidupan nyata. Kamu salah.

    Banyak-banyak pelaku bully dan segala penghinaan itu adalah pihak game itu sendiri lewat tangan-tangan Operator-nya. Kalau real player cenderung lebih banyak diam.

    Harapannya supaya ego kamu terusik akibat di bully terus menerus apalagi seringkali mereka menggunakan bahasa kotor yang sangat tidak layak.

    Hal itu akan memancing ego kamu, dan kamu mulai bermain semakin kalap dan kalap, bahkan semakin kalap mengeluarkan uang demi uang demi membuktikan bahwa kamu tidak seperti yang sering mereka ledekkan.

    Bahwa kamu itu pandai memainkan game itu, jago, dan jawara.

    Sampai disini berarti kamu sudah kena efek psikologinya, jangan terpancing dengan semua itu yah, yang mereka inginkan bukan jawara dan jagonya kamu, tapi UANG KAMU.

    Ingat sekali lagi, sekalipun bentuknya berupa game, namun tetaplah sebuah binis uang.
     

  6. Taktik Marketing Barang-barang Game Online.

    Sebuah Hero pada saat di rilis biasanya diberikan kemampuan lebih dibanding Hero lainnya yang sudah lewat masa penjualannya. Biasanya Hero yang sudah lewat masa penjualannya diturunkan status kemampuannya. Begitu dan seterusnya setiap kali mereka punya Hero baru.

    Hero andalan kamu dari level jawara bisa seketika mereka ubah menjadi pecundang, jangan lupa settingan ada ditangan Developer, Designer, Programmer, dan lain lain. Sang empunya game. Maksudnya supaya kamu ngincer lagi yang baru, dan begitu terus menerus.

    Ilustrasi:
    Padahal waktu mau beli hero minta uang sampai nangis-nangis membujuk mamak. Tapi awas jangan sampai ambil uang tanpa ijin dari dompet mamak untuk beli pulsa yah, pulsanya dipake beli diamond, diamondnya di pakai beli hero baru, yang ketika afkir masa jayanya, cuma berakhir jadi pecundang, padahal sudah bikin mamak susah demi game.

  7.  

  8. Para jawara Game Online biasanya orang dalam game itu sendiri.

    Jadi jangan terkecoh yah dan mimpi ingin seperti mereka. Mereka ada fasilitas dan settingan khusus, jadi tidak perlu beli hero atau skin, bisa gratis tinggal pakai.

    Settingan juga pasti beda, liat saja waktu kamu ada dilevel awal-awal apalagi level tutorial, jawara bukan kamunya? Sepertinya kamu jago banget dan lawan kamu under semua. Harap dimaklumi, itu mungkin salah satu upaya promosi.

    Nanti kalau gamenya sudah ramai baru lah biasanya pihak Game melibatkan Real Player sebagai jawara.

  9.  

  10. Dalam game yang saat ini lagi trend, yaitu Moba, seringkali terjadi kamu bertengkar dengan teman se-team, lantas kemudian tiba-tiba semua anggota team musuh mendatangi kamu dan kamu dikeroyok rame-rame, kamu sendiri saja yang dikeroyok, seolah-olah mereka ikutan kesal sama kamu.

    Pertanyaannya: Bagaimana mereka bisa tahu tentang percakapan kalian? Bagaimana mereka tahu bahwa kalian sedang bertengkar? Sementara dalam komunikasi team biasanya anggota team menggunakan mode chat β€˜Team’ bukan β€˜All’. Jadi chat hanya bisa dibaca oleh internal team.

    Kecuali kalau mereka sebenarnya adalah sekelompok orang yang mengontrol kedua belah pihak, yaitu pihak team kamu dan pihak team lawan kamu.

    Biasanya dalam satu team isinya hanya 3 orang Real player, sementara 2 lainnya adalah Operator atau pelaku Game Booster (GB) atau mod yang lagi GB-in akunnya yang ada di pihak sebelah, di team lawan kamu, untuk dia jual dengan iming-iming Win Rate 70% bahkan saya pernah lihat ada yang Win Rate 90%! wow.

    Istilah untuk praktek ini adalah Game Boosting, atau Free Win. Give free win to enemy, memberikan kemenangan cuma-cuma untuk lawan. Silahkan baca pembahasan singkat tentang Apa itu GB dalam Game Online.

    Silahkan pikirkan sendiri.
     

    Oh ya, sekedar info: untuk game Moba yang berinisial ML kamu jangan terkecoh yah dengan chatnya. Karena saya dapati isi chat tiap-tiap akun itu beda-beda, di akun teman kamu isi chatnya juga beda.

    Jadi jangan terkecoh sampai merogoh dompet untuk membeli diamond untuk dipakai beli Megaphone jualan mereka yah, atau beli small horn nya, karena tidak bakal ada yang baca yang kamu serukan. Yang baca cuma kamu sama Operatornya. Akan menjadi usaha yang percuma saja.

    Tiap akun chatnya berdiri sendiri-sendiri atau independent, tidak bergantung pada inputan chat dari akun lain melainkan sudah di input oleh moderator dengan kalimat-kalimat selayaknya orang chat, dan di auto rotate.

    Jadi kamu ga bakal baca apa yang teman kamu tulis, demikian juga sebaliknya, teman kamu tidak bisa baca apa yang kamu tulis. Chat yang kamu tulis hanya muncul di layar akun kamu saja dan yang dapat membacanya sekali lagi cuma Operator dan kamu saja.

    Yang kamu lihat tampil diruang chat akunmu itu hanya autochat saja, yang sudah diinput value-nya dan dia akan jalan secara otomatis, makanya jangan heran kalau kamu akan sering melihat kalimat chat yang berulang-ulang. Yah memang karena cuma di rotasi kok. Pelaku rotasinya siapa? Yah bot by operator.

    Kalau seandainya mereka beralasan bahwa hal itu terjadi karena berbeda server, maka akan timbul pertanyaan, sebenarnya game itu memakai berapa banyak server? Kalau banyak kok tetap lag? πŸ™‚

    Terlalu banyak tipu muslihat di Game Online.:)

  11.  

    Intinya kamu akan dibuat sering kalah supaya penasaran dan main terus, dan berbelanja terus tentunya. Ini trik umum yang ada di Game Online. Semuanya sudah disetting demi pemasukan duit.

     

    Untuk sekarang ini aja dulu. Jadi tetaplah berpikiran sehat dan waras dalam bermain game online. Karena dalam bermain Game Online, kamu tidak pernah tau siapa sesungguhnya orang yang ada disebelah sana, yang menjadi lawan kamu, bagaimana sebenarnya game itu disetting, dan apakah developernya jujur dengan semua updatenya atau tidak.

     

    Alih-alih main game, malah kamu yang jadi mainan developer/designer game lewat Operatornya untuk mengeruk uang lebih banyak dan lebih banyak lagi dan menjadi bertambah kaya raya.

     

    Mudah-mudahan tidak ada yang sampai jual ginjal demi sebuah Game Online. Ingatlah bahwa semua itu cuma rekayasa. Tetaplah bijak.

Coprions

Penulis tamu untuk situs babicodet postbook blog, yang menyumbangkan beberapa artikel untuk ditayangkan di babicodet[dot]com.

Share

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.