3 Hal yang wajib kamu ingat dalam bermain Game Online.

3 hal yang wajib kamu ingat tentang game online

 

Dengan semakin maraknya Game Online yang dijual (kita membelinya dengan kuota) di App Store, Play Store, dan toko-toko game online lainnya, berikut adalah 3 (tiga) hal yang wajib kamu ingat dalam memainkan online game, agar pengalaman bermain kamu tetap sehat dan Waras:

 

1. Perangkap Slogan di Game-game Dunia Online

Sadarilah bahwa faktanya kamu membayar untuk setiap kali kamu mengakses sebuah Game secara Online, terutama kalau kamu adalah pengguna koneksi berbayar seperti kuota untuk Hp kamu.

Bahwa kamu sebenarnya sudah mulai membayar sejak pertama kali kamu mendownload game itu sampai ke setiap kali kamu memainkannya.

Main dengan menggunakan Wifi kafe sekalipun sebenarnya membayar tapi yang bayar pemilik kafe, kamu cukup bayar kopinya secangkir atau jusnya segelas saja, :). Intinya tetap lah harus keluar uang untuk bermain Online Game.

Jadi Slogan yang sering di pakai dalam perdagangan mobile game online, seperti “Download Gratis dan Mainkan Gamenya Gratis” adalah sebuah penyesatan makna yang sangat parah.

Yang ada, Developer Game punya kesepakatan kerjasama dengan Penyedia koneksi alias Provider untuk berbagi hasil, bahasa kerennya adalah Revenue Sharing atas setiap koneksi yang terjadi. Jadi, No gratis.

2. Praktek Tersembunyi

Kamu tidak pernah tahu apa yang sesungguhnya terjadi di Back Office (belakang layar) sebuah Game berbasis hubungan internet ini.

Apakah gamenya di setting dengan jujur dan adil, atau kah di setting melawan Real Player (pemain sungguhan). Maksudnya disetting dengan pro ke kekalahan pemain, supaya Win Rate kamu rendah, alias lebih banyak kalahnya daripada menangnya.

Dan kondisi itu bisa memicu Penjualan/Sales. Ini lah trik-trik psikologi yang dipakai oleh semua Game Online untuk mendongkrak penjualan barang-barang digital didalam gamenya, atau biasa diistilahin Game Item, atau In-game Purchase

3. Nasib menang kalah dalam permainan Online sepenuhnya di tangan Developer/Designer/Programmer/Moderator, apapun kamu menyebut mereka, bukanlah karena kamu yang Super Jago.

Harus tetap diingat bahwa game tetaplah hanya sebuah program dan program itu adalah serangkaian code atau rangkaian bahasa program yang disetting oleh manusia untuk tujuan tertentu. Jangan sampai di pandang setara dengan orang yang bermain bola di lapangan sungguhan, atau bermain bulutangkis di lapangan RT.

Jadi Game yang terhubung secara Online itu tetaplah hanya sebuah program yang dibuat dan disetting oleh seseorang untuk tujuan tertentu, paling sering yah tujuannya untuk mendapatkan keuntungan.

Dan mohon, janganlah berpikir bahwa pergerakan yang terjadi di dalam sebuah game itu sama alaminya dengan pergerakan bola di lapangan bola dalam kehidupan nyata, atau sama alaminya dengan Pergerakan tangan kamu dalam kehidupan nyata, tidak. Itu semua cuma rekayasa.

Semua pergerakan yang kamu lihat dalam game itu hanyalah serangkaian bahasa kode yang ditulis dengan segala kemungkinannya, segala kemungkinan pergerakan yang bisa terjadi dan direkam sebagai program.

Sama seperti orang jaman dulu bikin kartu Micky Mouse yang digambar tiap derajat pergerakannya hanya untuk mengangkat tangan misalnya.

Jadi kalau kartunis jaman dulu menggunakan beratus-ratus gambar, derajat demi derajat untuk satu pergerakan, maka jaman teknologi masa kini orang menggunakan bahasa program untuk menghasilkan suatu pergerakan dalam game, dan bahasa kode itu di tulis oleh manusia.

Jadi tidak ada yang berlangsung alami, melainkan semuanya adalah settingan/program. Semua itu sudah diatur.

Jadi jangan delusive dan menganggap semua gerakan itu nyata dan sealami gerakan kamu dikehidupan nyata kamu sehari-hari.

Karena game itu dibuat oleh seseorang/mereka, maka, seseorang itu siapa pun dia (yang biasa menyebut dirinya sebagai Developer atau Game Designer atau Team Moderator atau secara umum disebut Programmer) dapat mengubah apapun yang ada di dalam game itu dengan atau tanpa memberitahukan perubahan itu ke kamu/kita para pemainnya.

Sekalipun kamu diberitahukan lewat Update Notes (catatan update/pemberitahuan apa-apa yang di update) tetap saja kamu tidak akan tahu apakah semua perubahan yang telah mereka lakukan sudah dituangkan semua disitu tanpa terkecuali atau hanya bagian tertentu yang kelihatan saja, sementara update untuk hal-hal yang tidak kelihatan seperti settingan gameplay dan lain-lain, tidak lah diberitahukan.

Nah disini lah pihak Game Developer dapat bermain melakukan trik untuk meraup untung berkarung-karung uang hanya dengan sebuah update kecil tapi vital, karena pengawasan pihak ketiga (Perlindungan Konsumen) terhadap perubahan yang mereka lakukan untuk pemain/pengguna game tidak ada.

Peringatan: Berhati-hatilah terhadap program buatan orang, karena kamu tidak tau apa yang mereka sisipi didalam program-nya.

Contoh mengapa Perlindungan Konsumen terhadap pembelian Barang Digital Game Online dibutuhkan:
(Tapi umumnya program-program itu sudah melindungi diri dengan TOS (Terms Of Service))

Sekedar mengingatkan bahwa setiap game dunia maya selalu membuat Mata Uang nya sendiri. Paling umum mereka menggunakan Diamond sebagai kurensinya.

Berarti diamond itu sebenarnya adalah mata uang betulan yang dikonversikan menjadi mata uang game.

Jadi kalau kamu membeli Diamond dalam sebuah game internet, berarti diamond itu adalah uang rupiah kamu yang berubah bentuk saja. Intinya diamond itu lah uangnya.

Sebenarnya sama saja dengan kamu sudah membeli Barang Digital yaitu Diamond, yang kemudian di pakai untuk berbelanja lagi di dalam game itu.

 

Contoh Kasus yang paling sering di-lumrah-kan dalam bermain Game Online:

Katakanlah kamu ingin membeli sebuah Hero/Tokoh/Character dalam sebuah permainan game yang di hargai (dalam diamond) seharga 599 diamond.

Hero itu bisa dibeli dengan menggunakan poin juga tapi sayangnya poin kamu tidak cukup.

Jalan satu-satunya kamu harus merogoh kocek kamu untuk membeli diamond yang mana nantinya diamond itu di pakai untuk membeli Hero incaranmu itu.

Kamu kemudian membeli Paket 500 diamond seharga Rp. 149 ribu dan Paket 250 diamond seharga Rp. 75 ribu.

(Demi trik Marketing, paket diamond yang dijual Game itu pun sudah mereka setting sedemikian rupa, paket terkecil setelah paket 250 diamond adalah paket 50 diamond, dan itu tidak cukup untuk dipakai membeli, otomatis kamu HARUS membeli paket yang 250 diamond itu kalau kamu mau hemat.)

Berarti kamu harus iklas kelebihan diamond kamu setelah berbelanja tertinggal begitu saja didalam akun karena tidak akan cukup untuk dipakai membeli Hero lainnya lagi, maksudnya biar kamu top up lagi.

Diamond di akun kamu akan selalu bersaldo-kan diamond yang tidak cukup untuk dibelanjakan lagi tanpa top-up.

 

Berarti untuk Hero yang kamu inginkan itu kamu sudah keluar duit sebanyak Rp. 224 ribu. Dengan kata lain Hero incaranmu dibanderol seharga Rp. 224 ribu.

Sisa saldo diamond yang berlebih dibiarkan saja di dalam akun, hitung-hitung kasih tambahan keuntungan buat developer. Coba kalau seandainya berbunga yah?

Alasan kamu membeli Hero itu adalah karena menurut kamu Hero itu memiliki status kemampuannya bagus dan hebat.

Setelah kamu membeli dan bermain selama beberapa waktu, tanpa kamu sadari (ataupun diberitahukan) pihak Programmer bisa dan berhak untuk menaikkan atau pun menurunkan kemampuan Hero kamu itu semaunya.

 

Inilah yang membuat lemahnya posisi konsumen (pengguna game berbasis internet ini) karena Hero itu kamu beli dan kamu sanggupi untuk ditebus dengan sejumlah harga yang ternyata dikemudian hari bisa di ubah-ubah oleh pihak programmer dengan semaunya.

Kalau diturunkan stat kemampuan Heronya paling sial yah, seharusnya uang dikembalikan, kalau bisa. 🙂

 

Sampai disini berarti kamu udah keluar uang double, yaitu biaya koneksi untuk memainkan game itu dan membeli Hero-nya, dengan kondisi memasrahkan nasib permainan kamu ke Programmer, terserah Programmer mau bikin apa pun maunya terhadap gameplay kamu, padahal dilain pihak kamu sudah membayar.

Yah begitulah dunia program, yang paling tahu tetaplah orang yang membuat programnya.

Karena bagi setiap pemilik program, masing-masing merasa berhak penuh terhadap programnya.

Akibatnya peraturan bisa berubah-ubah kapan saja, dalam waktu yang begitu singkat, dan dalam intesitas yang begitu tinggi atau dengan kata lain Sering.

Tidak ada basis yang solid dalam dunia online, jadi akan lah sangat sulit untuk dijadikan Pegangan Hidup dan kepastian.

 
Selamat bermain game online.

Coprions

Penulis tamu untuk situs babicodet postbook blog, yang menyumbangkan beberapa artikel untuk ditayangkan di babicodet[dot]com.

Share

1 Response

  1. Saya pernah coba beli diamond sekali buat beli hero sm skinnya, krn penjelasannya ga jelas sy jadi salah beli, costumer service-nya di hubungi ga respon, biar lewat gamenya, fanpagenya, sampe ke forumnya. Ga ada respon sama sekali. Dicuekin.

    Maksud sy mau nanya apa bisa dikoreksi nda tu kesalahan, bs ga dituker dengan yang bener krn harganya kan sama. Ga ditanggapi mereka sama sekali. Nyesel banget. Kapok sy beli2 diamond game lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.